Selasa, 15 November 2011

Mimpi kami bersama (BTI's Corp)

Tentang BTI's Corp ...
Kami memulainya dengan mengajukan sebuah proposal yang diikutsertakan dalam ajang Kreatifitas Mahasiswa tahun 2010 tingkat nasional. Awalnya saya tidak turut serta dalam pembuatan proposal tersebut. Namun, ketika proposal tersebut dinyatakan lolos menerima bantuan dana dari DIKTI untuk mewujudkan usaha kecil ini, sang direktur utama (Ayu Arthuria) menceritakan kepada saya. Pada saat itu, saya hanya berpikir bahwa itu hanyalah sebuah cerita bahagia yang dia ceritakan kpd saya. Tapi ternyata TIDAK!!

Ayu justru mengajak saya untuk bergabung dengan 2 tim lainnya (Ganep Agus Dj dan Yunan Nursyahbani Mubin). Jujur saya tidak pernah memikirkan hal ini sebelumnya. Dan tanpa pikir panjang lagi, saya menerima tawaran tersebut. Mulailah kami berempat bertekad membangun usaha kecil ini.

Rapat perdana kami memutuskan bahwa Ayu Arthuria sebagai Direktur Utama, saya (Dhaniar Astri) sebagai Manajer Keuangan dan Administrasi, Ganep Agus sebagai Manajer Produksi, dan Yunan Nursyahbani sebagai Manajer Pemasaran. Usaha kami bernama "Martabak Telur Mini Bhinneka Tunggal Ika".

"Martabak Telur Mini Bhinneka Tunggal Ika", nama tersebut muncul ketika masing-masing dari kami sangat menyenangi makanan khas Indonesia yang bernama martabak telur. Persamaan terhadap makanan favorit tersebutlah, yang menjadikan kami bersatu. Lantas, kami memasukkan inovasi di dalam usaha kami, yaitu sebuah bentuk martabak telur yang kecil, namun tetap dapat menyajikan sebuah rasa yang fantastik. Apalagi kami berpikir bahwa kebanyakan martabak telur yang beredar di Indonesia terutama daerah sekitar kampus kami (IPB Dramaga) memiliki ukuran yang besar dan harga yang sangat mahal. Terkadang ketika kami (mahasiswa) ingin membeli, kami harus mengumpulkan beberapa orang teman kami untuk bersama-sama membeli martabak telur tersebut (read : patungan). Kenyataan tersebut membuat kami ingin menciptakan sebuah produk makanan favorit masyarakat Indonesia ini menjadi sebuah jajanan praktis yang enak dan dapat dibeli mahasiswa kapanpun mereka mau. Oleh karena itu, kami membuat resep "Martabak Telur Mini Bhinneka Tunggal Ika" dengan penuh perjuangan. Kami ingin menawarkan sebuah jajanan praktis asli Indonesia yang disajikan seperti "fast food".

"Martabak Telur Mini Bhinneka Tunggal Ika" rilis pertama kali pada bulan Mei 2011. Saat itu kami berjualan di Jalan Babakan Raya, Dramaga, Bogor kurang lebih dua bulan. Kemudian kami sempat vakum sampai bulan Oktober 2011 karena memiliki beberapa kendala. Awal kemunculan "Martabak Telur Mini Bhinneka Tunggal Ika", kami mendapat banyak sekali masukan dan tanggapan. Mereka bilang ini merupakan sebuah ide yang bagus, terutama untuk kalangan mahasiswa yang memiliki uang saku pas-pasan. Sebagian dari mereka merasa produk kami enak. Namun, dari segi bentuk, beberapa orang menyarankan agar lebih diperbaharui karena bentuk semula menginterpretasikan sebuah telur dadar yang digoreng dengan berbagai macam isi (seperti: kornet sapi, ayam, jagung manis, sosis, dan tuna). Pada masa-masa vakum tersebut kami manfaatkan untuk membuat resep baru. Dan alhasil, manajer produksi kami berhasil menciptakan resep baru "Martabak Telur Mini Bhinneka Tunggal Ika ".

Resep baru ini fantastis dan jauh lebih praktis dalam penyajiannya. Resep baru kami rilis pada 7 November 2011 dalam sebuah acara Expo di kampus kami. Hasil penjualannya menakjubkan. Selama 4 hari berjualan di acara Expo tersebut, penjualan resep baru kami dua kali lipat lebih banyak dibanding penjualan dengan resep lama dulu. Alhamdulillah ...

Selain itu, kami juga baru saja mendapat seorang investor yang ingin bergabung dengan usaha kami. Hal ini semakin membuat kami bersemangat untuk terus berkembang menjadi usaha yang besar.

Selanjutnya, saat ini, kami sedang mempersiapkan untuk berjualan di sebuah kantin kampus. Tentu saja banyak perubahan baru yang kami tawarkan. selain rasa yang semakin fantastis, bentuk dan tampilan dari produk kami akan semakin berkualitas tentunya. Dan oleh karena itu, kami memutuskan untuk merubah nama "Martabak Telur Mini Bhinneka Tunggal Ika" menjadi "Martabak BTI". :)

Selamat mencicipi Martabak BTI. Insya allah kami akan mulai berjualan pada bulan Desember 2011.
Jangan lupa add / follow kami di :
FB : Martabak BTI
Twitter : @martabakBTI



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar